Terimakasih Plan A Entertainment. Terimakasih Apink. Terimakasih Pink Panda!
Kali pertama mengetahui tanggal tetap Apink comeback di tanggal 2 Juli 2018, saya langsung merasa khawatir, karena minggu-minggu pertamanya Apink menjadi awal dimana saya harus mempersiapkan diri untuk menyambut uas dan mencari tempat magang kesana kemari. Ditambah, uas saya sedikit banyak melibatkan proses syuting. Jadi, waktunya akan benar-benar keambil dan saya nggak akan bisa menikmati comeback Apink “sebegitunya”. Dan benar saja, hal itu terjadi di minggu ke-3 Apink melakukan comeback. Lebih tepatnya, di minggu goodbye stage mereka. Walau nggak bisa sepenuhnya ngikutin comeback mereka di era I’m So Sick ini sampai selesai karena bentrok dengan uas dan mencari magang. Tetapi, saya senang karena paling nggak bisa ngikutin comeback di minggu-minggu aktif mereka, yaitu minggu pertama dan kedua. Juga, di minggu-minggu mereka menang di music show. Yeaay! Senang bisa menyaksikan itu dan merayakannya bersama Panda di Twitter~
Apink ini bisa dibilang punya jarak comeback yang jauh dengan comeback lainnya atau berikutnya. Bisa hampir setahun atau bahkan lebih. Industri musik di Korea ini bisa dibilang cukup berbeda. Pergerakannya cukup cepat, terutama untuk idol grup yang seakan memiliki masa “expired”-nya. Jadi, mau nggak mau setiap grup harus rajin comeback dan hadir di hadapan publik agar tidak tertinggal ataupun terlupakan. Nggak heran kalau pada akhirnya banyak grup yang bisa mencapai 2 hingga 3 kali comeback per tahunnya. Hal itu guna menarik perhatian yang banyak dari publik, juga menarik potensi penggemar-penggemar baru. Comeback berkali-kali dalam setahun wajar dilakukan oleh grup yang baru debut ataupun baru berkarir paling lama 2 – 3 tahun. Sebagai ajang promosi besar-besaran, dan lagi, agar publik lebih tertarik dan tidak lupa dengan mereka. Serta menarik potensi penggemar-penggemar baru itu. Sedangkan, sangat wajar bila grup-grup senior yang sudah lama berkarir dan memiliki fandom yang stabil memilih untuk comeback paling tidak setahun sekali. Tidak jarang juga yang comeback grup setelah hiatus lebih dari setahun. Hal tersebut sering terjadi karena anggota grup disibukan dengan aktivitas pribadi, guna meng-established nama mereka sendiri di industri musik. Karena, lagi, hidup sebagai idol grup itu tidak lama sebenarnya, seperti sudah ada “masa expired”-nya. Jadi, nggak heran ketika mereka sudah mencapai suatu titik popularitas bersama grupnya, dan merasa sudah memiliki fanbase yang stabil, mereka pada akhirnya memilih untuk mencoba di jalan lain juga, sendiri-sendiri. Sebelum akhirnya dalam beberapa waktu kembali lagi bersama grupnya untuk berkarir bersama.
Apink
ini termasuk grup senior. Mereka sudah 7 tahun berkarir di industri musik dan
hiburan. Saya pribadi memaklumi bila mereka hanya akan melakukan comeback full grup hanya dalam setahun
satu kali. Karena memang ini udah saatnya masing-masing member untuk meng-established nama mereka di luar sana
dengan kemampuan masing-masing di luar image
Apink. Tapi, yang disayangkan adalah, Apink ini udah jarang comeback bahkan sejak mereka masih rookie (baru-baru debut). Masa dimana
mereka seharusnya promo secara grup lebih besar-besaran agar dilirik publik dan
menarik banyak penggemar ke dalam fandom.
Namun, sayang, bahkan setelah menginjak angka 1 tahun berada di industri musik,
pada tahun 2012, mereka sudah harus hiatus selama 1 tahun, dan baru comeback lagi di tahun 2013 dengan No No
No. Untung No No No benar-benar meledak dan menjadi hits di sana. Kalau saat
itu No No No tidak meledak, nggak tau deh bagaimana nasib mereka. Apakah bisa
bertahan sampai tahun ke-7 ini atau tidak. Karena jujur, pada waktu itu mereka
masih rookie. Fandom mereka belum sebesar dan sestabil itu. Tetapi agensinya
sudah meng-hiatus-kan mereka hingga satu tahun lamanya. Tapi, karena No No No
sangat meledak, justru lagu itu yang membuat Apink menyambut kesuskesan
karirnya yang baru. Mereka mendapatkan perhatian baru dan lebih dari masyarakat.
Bersama
No No No Apink menarik banyak penggemar baru pada saat itu. Terus berlanjut dan
mempertahankan momentum, Plan A Ent memberi comeback
2 kali dalam satu tahun untuk Apink, di tahun 2014. Dan masa-masa itu
seperti benar-benar masa puncak kesuksesan mereka. Karena comeback 2 kali di tahun 2014 dan kedua lagu dari masing-masing comeback benar-benar meledak dan menarik
perhatian yang besar lagi dari masyarakat, comeback
berikutnya di tahun 2015 mendapatkan hasil yang menakjubkan dari penjualan
lagu serta album secara digital dan fisik. Tapi, sangat disayangkan momentum
dan puncak kesuksesan Apink harus terhenti dan menurun setelahnya karena agensi
membuat mereka hiatus selama 1 tahun 2 bulan lamanya. Pada akhirnya hasil comeback mereka di setahun kemudian,
2016, dengan lagu Only One yang tidak mendapat perhatian yang layak dan banyak
dari masyarakat. Hal itu terjadi karena seakan publik sudah “lupa” dengan Apink
dan tidak sedikit pula dari penggemar yang berpindah fandom, karena setahun sebelumnya Apink benar-benar disibukan
dengan kegiatan di luar Korea.
Setelah
itu pula menjadi awal di mana Apink belum kembali lagi ke penghargaan musik
akhir tahun. Setelah masa Only One, sejauh ini Apink hanya hadir satu kali ke
penghargaan musik akhir tahun, yaitu pada tahun 2017 dengan lagu FIVE di acara
Asian Artist Award. Lagu FIVE ini bisa dibilang jauh lebih sukses dibanding
Only One. Tapi, jujur sudah tidak bisa dibandingkan dengan lagu-lagu Apink di
masa puncak kesuskesannya bersama No No No, Mr.Chu, LUV, dan Remember. Setelah
Only One, tidak bisa dipungkiri kalau popularitas Apink benar-benar menurun di
Korea, juga di kalangan penggemar internasional. Yang tersisa bersama Apink seperti
hanya tinggal Panda, karena publik sudah menaruh perhatiannya ke grup yang
lebih baru dan fresh. Walau begitu,
FIVE bisa dibilang lumayan sukses. Jauh lebih sukses dibanding Only One, walau
jarak comeback antara Only One dan
FIVE juga terbilang jauh, yaitu selama 9 bulan. Hmmm agensinya seperti tidak
“belajar” dari kejadian sebelumnya. Walau begitu, FIVE menarik perhatian publik
cukup banyak. Lebih berada di posisi yang tinggi dan bertahan lebih lama di chart musik Korea dibanding Only One. Juga
FIVE berhasil membuat Apink membawa satu penghargaan musik akhir tahun.
Momentum dan kesuksesan yang terbentuk dari era FIVE benar-benar membuat saya, bahkan banyak Panda di luar sana yang berharap agar Plan A Ent tidak mematikan momentum dan membuat Apink comeback satu tahun setelahnya. Dan ternyata, Plan A Ent benar-benar membuat Apink comeback lagi satu tahun setelahnya. Banyak perasaan khawatit tersendiri yang saya rasakan tentang comeback di tahun 2018 ini. Khawatir akan bagaimana berjalannya comeback ini. Akan bagaimana respon masyarakat atas lagu baru yang akan Apink rilis saat itu. Khawatir apakah kejadi Only One akan terulang kembali. Khawatir akan seperti apa Plan A Ent mempromosikan Apink di comeback yang telah ditunggu-tunggu selama satu tahun itu.
Dan
ternyata, comeback-nya memuaskan!
Dari lagu, mv, packaging dan item album, hingga promosi yang
dilakukan Plan A Ent. Puas! Benar-benar memuaskan! Dan hasilnya pun
menakjubkan! Apink mendapat perhatian yang besar dari publik Korea dengan image baru yang diperlihatkan itu. Juga
mendapat perhatian baru dan cukup besar dari penggemar kpop internasional.
Bukan hanya Panda yang ada untuk Apink di comeback
kali ini. Tetapi orang-orang di luar fandom
juga ikut serta menikmati dan memeriahkan comeback Apink dengan I’m So Sick kali ini.
![]() |
cr to owner - via twitter.com |
Dengan
segala kesuksesan comeback kali ini,
juga dengan rasa puas yang pribadi saya rasakan, saya ingin mengucapkan terima
kasih kepada Plan A Ent, Apink, Panda, serta semuanya!
Pertama,
mari saya berterimakasih kepada Plan A Ent selaku agensi yang menaungi Apink
dan juga mengurusi semua-semuanya untuk comeback
ini, mulai dari persiapan, promosi, dan lain-lain.
Dear Plan A Ent,
Mungkin saya banyak mengeluh, entah
keluhan saya diterima kalian atau tidak. Tapi, yang pasti, itu semua karena
saya benar-benar ingin yang terbaik buat Apink. Mungkin, staff di sana justru
sosok yang selalu ingin hal-hal baik datang kepada karir Apink lebih dari
siapapun. Saya banyak mengeluh, walau mungkin sebenarnya saya tidak tahu banyak
apa yang sedang terjadi di ‘dapur’ Plan A Ent. Walau sebenarnya mungkin saya
tidak tahu secara detail bagaimana proses-proses yang diperlukan untuk
‘sekadar’ membuat satu album. Tetapi, satu yang saya tahu, bahwa untuk
menciptakan satu album, memerlukan banyak tenaga, pikiran, serta dana yang
harus dikeluarkan. Untuk mencipatakan album setiap tahunnya bukanlah pekerjaan
yang mudah. Walau sudah tahu begitu, saya tetap mengeluh. Maafkan. Hehehe.
Karena saya benar-benar ingin Apink mendapati segala hal-hal baik selama mereka
masih berkarir bersama dalam satu grup dengan masa kontrak yang tersisa ini.
Dan karena saya tahu, bila Apink didorong dan didukung lebih sejak dulu, maka
posisi mereka bisa lebih dari sekarang di industri musik Korea.
Walau begitu, dengan segala keluhan-keluhan
yang saya lontarkan, sedikit banyak saya melihat perkembangan yang mulai Plan A
Ent tunjukan kepada kami. Perubahan yang mulai Plan A Ent berikan untuk Apink.
Dan itu semua terasa di tahun 2017, dimana semakin banyak member yang diberi
aktivitas individu di luar kegiatan Apink (bukan hanya dominan di Eunji dan
Naeun saja seperti dulu-dulu). Tidak berhenti di situ saja, jujur saya suka
promosi yang dilakukan Plan A Ent untuk comeback Apink di tahun 2017 dengan
FIVE. Apink aktif di variety show saat masa promosi. Apink juga dibuatkan Pop-Up
Store & Exhibition. Juara deh! Terima kasih!
Dan ternyata, promo tersebut juga
terasa dan terlihat semakin baik di comeback kali ini bersama I’m So Sick dan
album One & Six. Apink aktif di acara-acara untuk mempromosikan album
terbaru ini. Walau kali ini cukup berbeda dengan FIVE yang aktif promo di variety
show, tapi terima kasih telah membiarkan Apink aktif promosi lagu terbarunya
ddi radio-radio. Walau begitu, promo di acara televisinya juga nggak kalah
banyak kok, walau nggak sebanyak saat era FIVE, memang. Bukan hanya promo di televisi
dan radio, dirimu, Plan A Ent juga sukses meng-hype comeback ini di media
sosial, dengan tampilan Instagram yang menarik, juga tantangan-tantangan yang
diberikan ke Panda guna menaikan jumlah view yang banyak untuk MV I’m So Sick.
Nice way to hyping the comeback, Plan A Ent! Well done!
Bukan hanya itu, dirimu, Plan A Ent juga mempromosikan Apink melalui banner-banner dan LED apalah itu. Terima kasih banyak. Sungguh. Terima kasih! Semoga bisa terus seperti ini dan lebih baik lagi kedepannya untuk Apink dan juga artis-artis lain di sana. Intinya, yang adil. Dan semoga kami tidak perlu menunggu satu tahun lagi untuk comeback Apink berikutnya. Jangan sampai kesuksesan yang diraih di era I’m So Sick ini momentumnya harus turun karena kelamaan comeback untuk album berikutnya. Ditunggu album berikutnya secepatnya dan juga dengan promosi yang seperti sekarang ini dan lebih baik lagi pastinya.
Terima kasih juga untuk Plan A Ent terutama staff-staff yang bekerja di sana yang sudah menjaga dan sayang Apink. Apink terlihat selalu menunjukan rasa bersyukur dan sayang mereka kepada staff-staff Plan A Ent. Bila begitu, nggak heran kalau memang staff Plan A Ent selama ini selalu baik kepada Apink. Terima kasih. Semoga sehat selalu dan bisa terus ada untuk Apink.
Kedua, rasa terima kasih ini pastinya benar-benar ingin saya ungkapkan kepada 6 perempuan berbakat, lucu, dan baik hati yang masih memiliki passion yang besar pada musik dan ingin berkarir bersama-sama dalam waktu yang lebih lama lagi untuk Panda. Apink. Terima kasih!
Dear Apink,
Jujur, terlalu banyak yang ingin saya
ungkapkan, salah satunya rasa bersyukur saya atas hal-hal yang berkaitan dengan
kalian. Pertama, terima kasih sudah melanjutkan kontrak untuk beberapa tahun
kedepan hanya untuk bermusik bersama satu sama lain dan untuk Panda. Terima
kasih banyak karena kalian masih mengutamakan Apink dan kami. Terima kasih! Kedua,
terima kasih tetap berusaha mengupayakan agar kalian bisa comeback dengan album
baru, paling tidak setiap tahunnya, untuk bertemu dengan Panda melalui lagu
baru. Ketika di tahun yang kalian pegang ini banyak grup yang memilih untuk
pisah atau bahkan sudah tidak aktif, tetapi kalian masih tetap di sini untuk
Apink dan kami. Terima kasih. Sangat!
Comeback kali ini pastinya membuat
kalian lebih khawatir dari biasanya. Karena, comeback ini baru terlaksana lagi
setelah kalian hiatus selama satu tahun lamanya. Bukan hanya itu, comeback ini
juga menjadi awal karir baru kalian sebagai musisi dengan menjajali image yang
baru dan berbeda dengan image yang telah kalian pegang selama 6 tahun. Pasti
kalian khawatir sekali dengan segala hasil dan respon yang akan diberikan
masyarakat dengan image baru kalian ini.
Tetapi kalian berhasil! I’m So Sick
mendapat respon yang positif dari banyak orang, bukan hanya dari Panda. Banyak
orang menikmati lagi itu, girls. Baik dari masyarakat di Korea maupun penggemar
kpop di luar Korea. Sudah hampir satu bulan, lagu tersebut pun masih bertengger
manis di top 10 Melon (dan mayoritas chart lainnya), yang sejak era Only One
susah untuk kita pertahankan dalam waktu lama. Semoga dengan hasil yang positif
tersebut, jadi semakin memberanikan kalian untuk mengeksplore jenis musik
lainnya dan dengan percaya diri untuk menunjukannya ke dunia ya. Oke? Ditunggu
album berikutnya. Sekarang istirahat dan berkarir masing-masing dulu saja untuk
mengekspansi nama kalian di industri hiburan. Sukses terus Apink. Sekali lagi,
terima kasih sudah hadir di kehidupan saya!
Rasa bersyukur saya yang terakhir ini ingin saya ungkapkan ke Panda dan semuanya yang sudah mendukung serta menikmati album dan lagu terbaru Apink kali ini.
Dear Panda,
Setelah era Only One, jujur, semuanya
terasa “tidak semulus” itu bukan? Kita kehilangan banyak Panda. Kita
terus-terusan melihat Apink meminta maaf dan merasa sedih serta khawatir,
terutama di era Only One itu sendiri. Kita juga harus menyaksikan dimana Apink
menerima terror bom yang tiada henti-hetinya di tahun 2017. Kita juga harus menyaksikan
bagaimana member Apink, terutama Naeun dan Namjoo harus menghadapi
kritikan-kritikan di tahun ini. Dan setiap tahunnya kita harus menunggu selama
lebih kurang satu tahun untuk album terbaru Apink dengan perasaan was-was juga
karena takut era Only One terjadi. Takut kalau itu semua akan berdampak kepada
rasa percaya diri Apink atas album barunya. Itu semua pastinya tidak mudah
untuk kalian. Tidak mudah untuk kita.
Tetapi, dengan segala ketidakmudahan
itu, terima kasih telah bertahan selama ini bersama dan untuk Apink dalam
melalui rintangan-rintangan itu. Terima kasih masih berada di sini bersama
Panda yang lainnya serta Apink. Terima kasih bila kita masih bisa bersama Apink
untuk waktu yang lama atau beberapa tahun ke depan. Terima kasih atas segala
bentuk dukungan yang kalian berikan untuk Apink. Bagaimanapun bentuknya, semua
dukungan sangatlah berarti untuk Apink. Terima kasih dan juga selamat datang
untuk Panda yang mungkin baru memustuskan untuk mendukung Apink di era I’m So
Sick ini. Semoga kalian bisa bertahan dalam waktu yang lama untuk mereka dan
bersama-sama dengan kita, Panda yang lain, menghabiskan waktu dan
bersenang-senang bersama Apink.
Terima kasih juga untuk Panda yang
pernah berada di sini dan mendukung Apink. Terima kasih banyak pernah menjadi
bagian dari keluarga kecil ini dan menunjukan rasa cinta kalian ke Apink.
Apapun alasan dari “pindah” atau “berhenti”-nya kalian, semoga kalian selalu
sehat dan sukses dengan kehidupan nyata kalian di luar kehidupan kpop yang fana
ini. Hehehe.
Dan
…
Dear siapapun di luar fandom,
Jujur comeback Apink yang menarik
perhatian orang di luar fandom terasa berhenti setelah era Remember. Dari situ,
comeback Apink seakan benar-benar hanya di-hype oleh Panda. Tetapi, kami, saya,
bersyukur sekali karena comeback kali ini terlihat dinikmati nggak kalah
banyaknya dengan Panda. Banyak orang-orang dari fandom lain yang menikmati lagu
I’m So Sick. Dan saya berterimakasih atas itu. Terima kasih banyak sudah
memberi kesempatan kepada Apink dan mendengarkan karya mereka. It means a lot!
Respon yang positif dan menakjubkan dari penggemar di luar fandom Panda, juga
di luar Korea, membuat Apink mencapai titik baru di dalam karirnya.
Terima kasih sudah mendengarkan dan
mengapresiasi I’m So Sick. Ini benar-benar langkah baru untuk Apink dengan
image yang jauh lebih dewasa ini. Dan dengan segala respon positif dan
menakjubkan dari orang di luar fandom, pastinya membuat rasa percaya diri Apink
meningkat lebih tinggi. Maka, saya benar-benar berterimakasih atas itu. Semoga,
dengan I’m So Sick ini, menjadi awal dari alasan-alasan kalian untuk
mendengarkan lagu-lagu mendatang Apink atau bahkan memutuskan untuk mendukung
mereka dan bergabung dengan fandom Panda ini. Sekali lagi, terima kasih dan
tetap nikmati I’m So Sick ya sampai Apink merilis lagu baru lagi!
Sekali lagi, dari saya pribadi, terima kasih Plan A Ent, Apink, Panda, dan semuanya yang telah menyukseskan comeback I’m So Sick ini!
Mari
bertemu dan mengapresiasi karya Apink lagi di album berikutnya! (semoga nggak
perlu nunggu setahun atau lebih ya, hehehe).
Comments
Post a Comment