Perilisan Album Baru dan “Dumhdurum” yang Berhasil Mempertahankan ‘Warna’ Apink
![]() |
cr. Play M Entertainment |
Setelah
lebih dari satu tahun, akhirnya saya kembali ke blog ini. Nggak bisa dijadikan
alasan sebenarnya, tapi tahun 2018-2019 menjadi salah satu tahun tersibuk saya
sebagai mahasiswa tingkat akhir. Banyak tugas praktik—mengingat saya anak Broadcasting—yang berkaitan dengan shooting, editing video, dan lainnya
yang memakan waktu dan tenaga. Selain itu, di tahun 2018 juga saya sedang
memulai masa magang di salah satu media online
Indonesia, yang cukup memakan banyak waktu saya juga. Dan dilanjut
setelahnya dengan persiapan pembuatan proposal skripsi, penelitian, hingga
sidang akhir di tahun 2019. Akhirnya saya benar-benar terbebas dari itu semua
di bulan Desember 2019, dan Alhamdulillah bisa melaksanakan wisuda di bulan
Februari 2020. Sekarang ini saya kembali ke sini mengingat saya sudah bebas,
dan juga lebih tepatnya karena saya masih menganggur dan menunggu panggilan
dari pihak-pihak yang mau mempekerjakan saya. Dengan kondisi yang seperti
sekarang ini, yakni wabah Covid-19, membuat mencari pekerjaan menjadi lebih
susah dari biasanya. Bahkan, sebelum ada Covid-19 pun mencari pekerjaan bukan
lah hal yang mudah. Tapi, dengan adanya wabah ini—di mana semua industri dan
bisnis sedang terkeok—semuanya menjadi lebih susah. Bahkan, ketika banya kantor
yang mulai mempekerjakan karyawannya di rumah—beberapa tanpa gaji—dan juga
banyaknya PHK, membuat semakin jarangnya kantor yang membuka lowongan untuk
menerima karyawan baru. Tapi, semoga ini semua adalah jalan baik yang memang
sudah direncanakan oleh Tuhan untuk saya kedepannya dalam hal mencari
pekerjaan.
******
Mengingat
diri saya yang masih menganggur, maka dari itu saya ingin mulai mengaktifkan
blog ini kembali. Dan saya memutuskan untuk kembali sekarang, di bualn April
ini. Sebagai penggemar Kpop, bulan April menjadi salah satu bulan favorit saya
secara pribadi, sebab hal ini berkaitan dengan salah satu grup yang paling saya
sukai, yakni Apink. Entah mengapa April terasa seperti bulan yang penuh makna
bagi Apink dan Panda. Bulan April selalu terasa menyenangkan dan penuh arti
bagi Apink dan Panda karena beberapa hal penting yang terjadi di dalamnya,
yakni ulang tahun Namjoo, anniversary Eunji solo, anniversary Youtube Bomi, dan
anniversary Apink. Tapi, terkhusus untuk bulan April 2020 ini, semuanya semakin
terasa menyenangkan dan semakin ingin ditunggu dibanding dengan tahun-tahun
sebelumnya. Kali ini Panda semakin merasa bersyukur dengan bulan April karena
Apink merilis mini album mereka yang ke-9!
![]() |
cr. Play M Entertainment |
Setelah
menunggu selama 1 tahun 3 bulan setelah perilisan album Percent dengan title track Eung Eung pada Januari 2019,
akhirnya Apink kembali dengan album baru bertajuk Look pada 13 April 2020
dengan lagu utama yang berjudul Dumhdurum. Informasi comeback-nya Apink ini sudah diinformasikan oleh Play M
Entertainment (agensi Apink) sejak sekitar bulan Maret lalu. Setelah menunggu
selama berminggu-minggu sejak pengumuman tersebut, akhirnya Apink merilis teaser pertama mereka pada 1 April 2020.
Teaser pertama yang dirilis adalah
jadwal perilisan untuk teaser berikutnya,
dan juga diketahui bahwa Apink resmi comeback
pada 13 April. Selama masa perilisan, seperti perilisan sebelum-sebelumnya,
Panda mendapatkan foto grup, tracklist,
foto individu, dan teaser music video (mv).
Tapi, yang membedakan dalam comeback kali
ini adalah adanya sub unit baru di Apink, yakni sub unit JooJiRong (Namjoo,
Eunji, Chorong) dan YOS (Yoon Bomi, Son Naeun, Oh Hayoung). Kedua sub unit ini
memiliki foto teaser sendiri dan lagu
sendiri pula di mini album ke-9 Apink itu. Selain itu, teaser kali ini juga dilengkapi dengan motion teaser (video singkat) dari masing-masing ke-6 member Apink.
Teaser comeback kali ini juga ada mv teaser 2, yaitu performance version, yang di mana menurut saya nggak ada bedanya
dengan mv teaser pada umumya. Mengapa
demikian? Karena menurut saya video tersebut kurang menunjukan dari sisi performance-nya aja. Masih banyak close-up shoot ke masing-masing member
yang intinya sama aja kayak mv teaser
sebelum-sebelumnya pada umumnya. Bayangan saya performance version-nya akan sama seperti choreography spoiler milik Victon (junior Apink di agensi yang
sama) untuk comeback Howling. Tapi,
nggak masalah, mungkin Play M Entertainment salah maksud saja, atau memang kami
memiliki pandangan yang berbeda dengan makna ‘performance version.’
![]() |
cr. Play M Entertainment |
Mini album ke-9 Apink yang bertajuk Look ini berisikan sebanyak 7 lagu, dengan lagu utama atau title track berjudul Dumhdurum. Dumhdurum ini diproduksi atau diciptakan oleh Black Eyed Pilsung, yang juga sudah pernah menciptakan beberapa lagu Apink sebelumnya, seperti Only One, I’m so Sick, dan Eung Eung. Dengan imej baru yang diusung Apink sejak perilisan I’m so Sick, yang juga diciptakan oleh komposer yang sama dengan sekarang, sepertinya BEP menjadi salah satu produser dan komposer yang mengerti warna baru yang cocok dengan imej terbaru Apink. Dan ternyata berhasil membawa Apink ke puncak terbaru karier mereka di tahun ke-10 sejak mereka debut pada 9 tahun silam, yakni tahun 2011.
Saya
pribadi saya menyukai lagu Dumhdurum. Dari holy
trinity terbaru Apik (holy trinity sebelumnya
adalah No No No, Mr.Chu, dan LUV), yakni I’m so Sick, Eung Eung, dan Dumhdurum,
jujur saya sangat menyukai Dumhdurum. Saat I’m so Sick rilis, sangat terasa
imej perubahan Apink. Warna lagunya sangat beda dibanding rilisan mereka yang
sebelum-sebelumnya. Tapi, tetap ada part catchy
yang selalu menjadi ciri khas Apink, dan mengingatkan saya dengan lagu
terdahulu Apink. Namun, secara keseluruhan warna dan vibe lagunya lebih dewasa
dibanding sebelumnya. Lalu, rilislah Eung Eung. Lagu Eung Eung bisa dibilang
cukup eksperimental dibanding dengan I’m so Sick. Kedua lagu ini (I’m so Sick
dan Eung Eung) merupakan lagu dengan warna baru Apink, tapi saya merasa bahwa
Eung Eung lebih eksperimental. Sound yang
disuguhkan Eung Eung sangat berbeda dengan lagu Apink sebelum-sebelumnya. Meski
chorus dari lagu ini cukup catchy, tapi menurut saya masih tidak
terlalu catchy. Walaupun tidak
terlalu catchy, tapi saya akui bahwa melody line dari lagu ini sangat indah,
dan saya sangat suka. Tapi, balik lagi, karena lagu ini terlalu eksperimental,
banyak instrument dan elemen-elemen yang digunakan, membuat saya tidak bisa
terlalu menikmati Eung Eung sepenuhnya. Namun, akhirnya Dumhdurum hadir dan
menjadi lagu favorit saya dari holy
trinity terbaru Apink!
![]() |
cr. Play M Entertainment |
Dumhdurum ini rasanya seperti gabungan vibe dari I’m
so Sick dan Eung Eung. Vibe dewasanya tetap terasa seperti di I’m so Sick, tapi
tidak terlalu kuat. Bahkan, bisa dibilang Dumhdurum ini memiliki warna dan vibe
yang lebih light dibanding I’m so
Sick. Sementara itu, vibe Eung Eung diambil dari segi eksperimentalnya, yakni
dalam penggunaan instrument dan elemen-elemen di dalam musiknya. Namun,
instrument dan elemen-elemen yang digunakan di lagu Dumhdurum ini lebih easy listening, tidak terlalu
eksperimental, dan enak untuk dinikmati. Bahkan, beat-nya yang diiringi dengan
melodi yang enak membuat Dumhdurum semakin mudah dan cepat diterima oleh
telinga. Kelebihan lainnya dari Dumhdurum adalah terletak pada chorus-nya yang sangat catchy, sangat catchy dibanding I’m so Sick menurut gue pribadi. Hal-hal itu lah
yang membuat saya sangat menyukai Dumhdurum. Lagu ini bahkan sangat terasa
‘Apink-nya.’ Vibe lagunya sangat Apink dan mengingatkan seperti vibe lagu
mereka yang sebelum-sebelumnya, tetapi tetap memiliki unsur dan nuansa dewasa
di dalamnya. Good job, BEP! Terima
kasih sudah menciptakan masterpiece ini dan memberikannya kepada Apink!
Lagu
kedua di album Look ini ialah Yummy. Yummy merupakan lagu yang diciptakan oleh
salah satu komposer yang juga pernah menciptakan lagu buat Apink—Mr.Chu, yakni
Double Sidekick. Lagu Yummy ini sangat memiliki nuansa Apink yang ada di
lagu-lagu terdahulunya. Tipe lagu Yummy ini jujur sangat cocok bila dimasukan
ke album Pink Memory. Vibe lagunya sangat cocok dan seimbang dengan lagu-lagu
di album Pink Memory, seperti Attracted to U dan Dejavu. Dan ternyata, lagu ini
memang sudah diciptakan dan direkam sejak 5 tahun lalu, yakni pada tahun 2015.
Tahun tersebut menjadi tahun perilisan album Pink Memory. Dari sini saya
menjadi penasaran, apakah mungkin Yummy sempat menjadi salah satu kandidat lagu
yang saat itu ingin dimasukan ke album Pink Memory, karena jujur, vibe lagu
Yummy ini sangat cocok dengan konsep keseluruhan album Pink Memory. Warna
lagunya cocok dengan lagu-lagu lainnya di album tersebut. Ini menjadi lagu di
peringkat ke-3 yang saya sukai dari album Look. Lagunya benar-benar membawa ke
nuansa musik Apink sebelumnya. Musik seperti Yummy ini sebenarnya gampang
ditemui di album Apink, biasanya b-sides Apink akan memiliki lagu dengan nuansa
RnB dan dengan beat yang santai seperti Yummy ini, dan lagu yang juga berhasil
menunjukan kualitas suara member Apink, terutama Namjoo.
Lagu
ketiga dan keempat di album Look ini adalah lagu sub unit. Lagu ketiga yang
berjudul Be Myself dinyanyikan oleh JooJiRong. Sementara, YOS menyanyikan lagu
keempat yang berjudul Love is Blind. Dua lagu ini termasuk kategori tipe lagu
dengan imej baru Apink. Genre yang diambil pun seperti lagu “kekinian.” Ada
nuansa edm-nya sedikit, terutama untuk lagu Be Myself. Kedua lagu ini enak,
tapi mungkin tipe dan genre lagunya memang bukan selera saya. Tapi tetap enak!
Memberi warna yang memang “New Apink” di album Look ini.
![]() |
cr. Play M Entertainment |
Lagu
kelima adalah Overwrite. Ini juga menjadi salah satu kandidat top 3 lagu
favorit saya di album Look (sebelum digeser oleh Moment—fan song). Lagu ini
juga sangat Apink! Tipe lagu Overwrite bisa banyak ditemukan di b-sides album
Apink lainnya. Sepertinya ini salah satu sound,
vibe, dan musik yang disukai oleh Apink, karena cukup banyak b-sides Apink
dengan genre seperti ini. Dan entah mengapa, saya rasa Overwrite juga cocok
masuk ke album Pink Luv-nya Apink. Secara keseluruhan, saya sangat suka lagu
ini, ditambah dengan bersinarnya suara Hayoung di lagu ini!
Lagu
keenam dan ketujuh adalah fan song untuk memperingati anniversary ke-9 dan ke-8
Apink. Ya, lagu ketujuh di album ini, yakni Everybody Ready? merupakan fan song
untuk memperingati anniversary ke-8 Apink tahun 2019 lalu. Lagu ini pun
sebenarnya sudah dirilis secara digital tepat di tanggal 19 April 2019. Namun,
tahun ini dipilih untuk turut serta dimasukan ke dalam mini album ke-9 Apink
dan menjadi lagu penutup di album Look. Sementara, lagu ke-6 yang berjudul
Moment adalah fan song untuk memperingati anniversary Apink ke-9 di tahun 2020
ini. Lirik lagu Moment ditulis oleh Chorong, sang leader Apink, dengan kata-kata
yang indah nan penuh makna. Lirik dan melodi lagu ini membuat Moment menjadi
lagu ke-2 favorit saya dari album Look. Peringkat yang cukup tinggi, mengingat
ada lagu seperti Overwrite dan Yummy yang juga bisa menempati posisi ke-2.
Tapi, lagu Moment ini terasa personal, seperti hadiah spesial dari Apink untuk
Panda. Terasa sekali pesan dari lagu ini, yang maka dari itu secara personal
membuat saya sangat menyukai lagu ini dan merasa related dengan lagu ini.
******
Dengan
resmi dirilisnya album Look dan lagu Dumhdurum sebagai lagu utamanya pada 13
April lalu, Apink berhasil mencapai puncak kedua di perjalanan karier mereka,
Banyak pencapaian luar biasa dan di luar ekspetasi di tahun ke-10 mereka
berkarier ini. Sejak perilisannya, Dumhdurum berhasil debut di peringkat 10
besar di Melon, tepatnya peringkat 7, dan menempati posisi tinggi di digital
chart lainnya. Pada akhirnya, dengan penaikan peringkat dari 7 ke 5 dan ke 2, Apink
berhasil menempati posisi pertama di Melon, 5 jam setelah Dumhdurum rilis. Selain
menempati posisi pertama di Melon, Dumhdurum juga berhasil berada di nomor 1 di
digital chart lainnya, seperti Genie, Bugs, dan Soribada. Lagu Apink berada di
peringkat 1, terutama di Melon, merupakan kali pertama bagi mereka setelah 5
tahun—sejak perilisan Remember—belum mendapatkannya lagi.
![]() |
cr to me |
Apink sudah pernah
melewati masa puncak di perjalanan karier mereka, yakni sekita 7 tahun lalu,
sejak kali pertama perilisan No No No, dilanjut dengan Mr.Chu dan LUV. Setelah
itu, fanbase Apink cukup kuat membawa mereka ke puncak dan meraih penghargaan
melalui Remember dan album Pink Memory. Dibantu dengan fanbase yang sedang
berkembang dan semakin berkembang sejak kesuksesan 3 lagu sebelumnya, Apink
berhasil menjual sebanyak lebih dari 32.000 album di tahun tersebut dalam satu
pekan di Hanteo, dan tercatat sebanyak 70.000 album di Gaon. Lagu Remember
sendiri berhasil langsung debut di nomor 1 di Melon. Meski dengan pencapaian
yang luar biasa, kesuksesan Remember bisa dikatakan tidak terlalu ‘terasa’ dan
berdampak pada masyarakat secara umur. Kesuksesan Remember secara dampak ke
masyarakat masih belum bisa mengalahkan No No No, Mr.Chu, dan LUV. Hal itu yang
membuat Apink mulai mengalami penurunan, ditambah dengan hiatus lebih dari satu
tahun yang dilakukan mereka.
Setelah
hiatus terlalu lama ditambah dengan
perilisan single berikutnya yang ‘cukup berbeda’ dengan imej Apink sebelumnya—lagu
Only One--, akhirnya semenjak itu perhatian publik cukup teralihkan dari Apink.
Ditambah dengan hadirnya girl group baru yang menarik perhatian publik, seperti
Twice, IOI, Blackpink, dan Red Velvet. Semenjak tahun 2016 itulah bisa dibilang
karier Apink menurun. Dalam artian, segala perilisan Apink benar-benar
bersandar pada Pink Panda, sedangkan publik bisa dibilang tidak terlalu peduli
dan menaruh perhatian kepada mereka. Sampai akhirnya Apink mengganti imej
dengan perilisan I’m so Sick, dan mulai berhasil menarik kembali perhatian
publik dengan imej yang baru. Hingga hadir lah Dumhdurum sebagai pelengkap dan
sebagai lagu yang benar-benar berhasil menarik perhatian publik secara penuh
terhadap Apink dengan imej baru ini.
Karena
sempat mengalami masa yang cukup sulit sejak tahun 2016, ekspetasi Apink dan
Panda pada perilisan Apink juga mulai dikurangi. Banyak hal yang dilakukan
penggemar agar Apink bisa mendapatkan hasil yang terbaik. Namun, yang utama
bagi Apink dan Panda adalah bisa merilis album, menikmatinya, dan menjalankan
masa promosi bersama-sama. Jujur, bisa dikatakan semenjak tahun 2016 itu ekspetasi
kami memang berkurang. Kami tidak terlalu menuntun dan berharap banyak. Tapi,
akhirnya I’m so Sick seperti memberi harapan baru untuk Apink dan Panda. Kami
seperti melihat cahaya baru, dan merasa bahwa Apink bisa mendapatkan puncak
kedua di perjalanan karier mereka melalui imej baru yang diusung ini. Dan
akhirnya, lagi-lagi Dumhdurum hadir melengkapi dan menjadi sebuah jawaban.
Perilisan album dengan lagu Dumhdurum ini seperti menjadi puncak kedua di
perjalanan karier Apink. Mereka berhasil meraih peringkat 1 di digital chart,
berhasil mendapatkan tropi kemenangan di music show, dan sukses memberi harapan
ke junior-junior, terutama junior girl group bahwa grup wanita juga bisa
bertahan selama 10 tahun berkarier dan bahkan tetap berprestasi meskipun puncak
karier mereka sudah terlewati. Ada harapan untuk terus berkarier, berkarya,
berprestasi, dan bahkan mendapatkan puncak karier yang baru setelah 10 tahun
berkarier.
![]() |
cr. Play M Entertainment |
Secara
internal pun—di kalangan penggemar—banyak pencapain personal kami yang terjadi
di perilisan album kali ini. Kami bisa dikatakan bukan fanbase yang sangat
besar, maka banyak pencapaian-pencapaian yang belum kami raih, meski banyak
grup besar di luar sana yang sudah meraihnya atau bahkan bisa terus meraihnya
dengan mudah. Di comeback kali ini, kami berhasil membawa akun Youtube resmi
Apink meraih 1 juta subscriber. Ini mungkin hal sederhana bagi fanbase lain,
tapi ini hal yang membanggakan bagi Panda, karena akhirnya setelah 9 tahun akun
itu ada, akhirnya kami berhasil meraih angka jutaan. Hal ini juga yang menjadi
bukti bahwa imej baru yang diusung Apink berhasil membawa penggemar baru buat mereka.
Di comeback kali ini juga kami berhasil mendapatkan jumlah penonton sebanyak 1
juta view di akun Youtube resmi Apink, kurang dari 24 jam. Hal ini merupakan
hal yang biasa bagi grup dan fanbase besar. Tapi, ini kali pertama hal yang
kami alami. Music Video (MV) Apink selalu dirilis di dua channel, satu di akun
resmi mereka dan satu lagi di 1theK (dengan jumlah subscriber yang sangat
banyak). Selama ini, MV Apink selalu mendapatkan jumlah view terbanyak di akun
1theK. Bahkan, untuk mencapai jumlah 1 juta view di akun Youtube Apink saja
membutuhkan waktu yang sangat lama. Tapi, kali ini, Dumhdurum berhasil
mendapatkan 1 juta view di akun Apink, bahkan kurang dari 24 jam.
![]() |
cr to me (12 April 2020) |
![]() |
cr to me (5 jam lebih setelah perilisan) |
Banyak
pencapaian secara personal yang diraih oleh Apink dan Panda melalui Dumhdurum
dan Look. Selama 2 minggu masa promosi—yang sebenarnya sebentar—ini kami
merasakan kebahagiaan. Saya merasa bangga dan turut senang karena bisa melihat
Apink sangat bahagia di comeback kali ini. Mereka pun terlihat sangat menikmati
masa promosi kali ini. Meski masa promosi kali ini bisa terbilang sebentar,
tapi saya bersyukur dan berterima kasih karena Apink masih mau merilis album
bersama-sama dan melakukan promosi di music show. Sebab, sangat dimaklumi—dan ini
tidak jarang terjadi—bila grup senior sekadar merilis album tanpa tampil di
music show sama sekali, atau bahkan hanya tampil dalam satu atau dua music
show. Tapi, Apink tetap melakukan itu untuk Panda, dan saya bersyukur atas itu
semua.
![]() |
cr. Play M Entertainment |
Dengan
segala pencapaian yang didapat kali ini, semoga tidak perlu menunggu terlalu
lama lagi untuk perilisan album baru Apink berikutnya. Semoga agensi bisa
menggunakan momentum yang didapat dari comeback kali ini dengan sebaik-baiknya.
Meski begitu, saya tetap mengharapkan yang terbaik bagi masing-masing member
Apink, meski harus berkarier secara individu terlebih dahulu sambil menunggu
perilisan album grup berikutnya.
Comments
Post a Comment